Wikipedia

Hasil penelusuran

Ads by adsterra

Cari Blog Ini

Social ads

Translate

Google Tag Manager

AdSense

Pages

AdSense

RANGKUMAN TAKSONOMI BLOOM PEMBELAJARAN


RANGKUMAN TAKSONOMI BLOOM PEMBELAJARAN

Taksonomi Bloom menggolongkan tiga katagori perilaku belajar yang berkaitan dan saling melengkapi, yaitu : kognitif, afektif, dan psikomotorik.

1.       Domain Kognitif
Domain Kognitif adalah tujuan pendidikan yang berhubungan dengan kemampuan intelektual atau kemampuan berfikir seperti kemampuan mengingat dan kemampuan memecahkan masalah. Domain kognitif menurut bloom terdiri dari 6 tingkatan yaitu:
·         Pengetahuan, Siswa dapat mengunakan informasi dengan cara baru misalnya : memilih, menunjukan, mendramatisir, memperkerjakan, menggambarkan, menafsirkan, mengoprasikan.
·         Memahami, Siswa dapat menjelaskan ide atau konsep misalnya: mengkalsifikasikan, menjelaskan, mendiskusikan mengidentifikasi, menemukan laporan. 
·         Penerapan (application), apakah siswa dapat menggunakan informasi dengan cara baru
·         Analisis : apakah siswa dapat membedakan antara bagian yang berbeda?
·         Menilai, siswa dapat membuat produk baru atau sudut pandang baru
·         Menciptakan, merupakan kemampuan untuk mengmpulkan bagian-bagian menjadi suatu bentuk yang utuh dan menyeluruh. Hasil belajar sintesis menekankan pada perilaku kreatif dengan mengutamakan perumusan pola atau struktur yang baru dan unik.

Tiga tingkatan tujuan kognitif yang pertama, yaitu pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi, dikatakan sebagai tujuan kognitif tingkat rendah ; sedangkan tiga tingkatan selanjutnya yaitu analisis, sintesis, dan evaluasi dikatakan sebagai tujuan kognitif tingkat tinggi.

2.      Domain Afektif 
Domain afektif berkenaan dengan sikap, nilai-nilai, dan apresiasi. Domain ini merupakan bidang  tujuan pendidikan kelanjutan dari domain kognitif. Artinya, seseorang hanya akan memiliki sikap tertentu terhadap suatu objek manakala telah memiliki kemampuan kognitif tingkat tinggi.
     Menerima: siswa pasif member perhatian, tanpa tingkat ini tidak ada pembelajaran dapat terjadi 
·       Menanggapi : Siswa aktif berpartisipasi dalam proses belajar, tidak hanya hadir untuk stimulus, siswa juga bereaksi dalam beberapa cara. 
·       Menilai : Siswa menempel, fenomena atau sepotong informasi  
·       Mengorganisasi : Siswa dapat menempatkan nilai nilai bersama yang berbeda informasi dan ide-ide dan mengakomodasikan mereka dalam skemanya sendiri, membandingkan, berhubungan dan mengelaborasi apa yang telah dipelajari.
·       Karakterisasi nilai: siswa memegang nilai tertentu atau keyakinan bahwa sekarang memiliki pengaruh atau perlakuannya sehingga menjadi ciri khas.
 
3.      Domain  Psikomotor
Domain Psikomotor
 
Domain psikomotor adalah tujuan yang berhubungan dengan kemampuan keterampilan atau skill seseorang.

Ada 7 tingkatan yang termasuk kedalam domain ini, yaitu :
·         Persepsi : kemampuan untuk menggunakan isyarat sensoris untuk memandu aktivitas motorik.
·     Set : Kesiapan untuk bertindak mencakup mental, fisik dan emosional ketiganya kadang-kadang disebut pola piker
·         Merespon terpadu : merupakan tahapan awal dalam mempelajari keterampilan yang kompleks yang mencakup peniruan. 
·         Mekanisme : merupakan tahapan peralihan dalam pempelajari keterampilan yang komplek 
·       Kompleks terbuka respon : merupakan kinerja yang terampil yang melibatkan pola gerakan yang komplek, kemahiran kinreja yang cepat, akurat, dan sangat terkoordinasi.  
·    Adaptasi : merupakan  keterampilan  yang  dikembangkan  dengan  baik  dan  individu  dapat memodifikasi pola gerakan sesuai persyaratan khusus.
Organisasi : yaitu membuat pola gerakan baru agar sesuai dengan situasi tertentu atau masalah khusus.

Posting Komentar

0 Komentar

by Adsterra

byAdsterra