Wikipedia

Hasil penelusuran

Ads by adsterra

Cari Blog Ini

Social ads

Translate

Google Tag Manager

AdSense

Pages

AdSense

Skripsi Hipertensi Ilmu Keperwatan BAB II


BAB II
TINJAUAN KEPUSTAKAAN
Bab II tinjauan kepustakaan berkaitan dengan permasalahan yang akan diteliti. Bab  II menjelaskan teori tentang pengertian hipertensi dan faktor – faktor penyebab hipertensi.
2.1 Pengertian Hipertensi
Kata hipertensi berasal dari kata “hyper” yang berarti lebih dan “tension” tekanan. Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu peningkatan abnormal tekanan darah dalam pembuluh darah arteri secara terus-menerus lebih dari satu periode.
Hipertensi adalah keadaan ketika seseorang mengalami peningkatan tekanan darah di atas normal atau tekanan sitolik lebih tinggi dari 140 mmHg dan diastoliknya di atas 90 mmHg. Tekanan berlebih ini mengakibatkan volume darah meningkat dan saluran darah menyempit sehingga jantung memompa lebih keras untuk menyuplai oksigen dan nutrisi ke setiap sel di dalam tubuh (padmiarso, 2010).
Hipertensi adalah suatu kondisi tekanan darah sistol maupun diastol meningkat melebihi ambang batas normal. Sebagaimana diketahui, tekanan darah yang normal sekitar 140 mmHg/ 90 mmHg. Jika tekanan darah melebihi ambang batas tersebut akan mengakibatkan munculnya penyakit hipertensi (Ridwan, 2002).
Jadi hipertensi adalah dimana tekanan darah dalam tubuh meningkat / melebihi batas normal 140 / 90 mmHg.

2.2  Klasifikasi Hipertensi
2.2.1 ISH (2007)

Sistolik  (mmHg)
Diastolik (mmHg)
Optimal
Normal
Normal tinggi
Tingkat 1
Tingkat 2
Tingkat 3
Hipertensi sistolik
< 120
120-129
130-139
140-159
160-179
>180
>140
< 80
80-84
85-89
90-99
100-109
>110
<90

  (Dorman, 2011)
2.3  Jenis Hipertensi
a.  Hipertensi primer
  Hipertensi yang terjadi tanpa adanya kondisi atau penyakit penyebab disebut sebagai hipertensi primer.
1.    Faktor keturunan
     Keluarga dengan riwayat hipertensi memiliki kemungkinan lebih besar mengidap hipertensi pada keturunannya. Anggota kelurga dengan riwayat hipertensi pada ayah atau ibunya memiliki “bakat” untuk mengidap hipertensi. Faktor genetik memiliki pengaruh besar terhadap timbulnya hipertensi.
2.    Faktor usia
Pertambahan usia akan meningkatkan risiko hipertensi pada seseorang. Kejadian hipertensi lebih sering terjadi pada kelompok lansia (lanjut usia). Risiko hipertensi meningkat seiring dengan bertambahnya usia, terutama pada pria diatas usia 45 tahun atau wanita berusia di atas 55 tahun. Pertambahan usia pada umunya dapat meningkatkan tekanan sistolik, sedangkan tekanan diastoliknya tetap normal atau rendah. Keadaan ini terkait dengan proses pengerasan pembuluh darah. Hipertensi pada kelompok lanjut usia umumnya adalah hipertensi sistolik dengan tekanan distolik normal atau rendah.
3.    Stres fisik dan psikis
Tuntutan pekerjaan yang tinggi merupakan hal umum yang sering terjadi pada masyarakat modern. Adanya stres yang besar dan menahun akan memicu timbulnya berbagai keluhan dan penyakit. Orang-orang yang setiap harinya bekerja dengan tingkat stres yang tinggi akan beresiko mengidap hipertensi di kemudian hari.
4.    Kegemukan dan obesitas
kegemukan dan obesitas akan memperberat kerja jantung untuk memompa darah. Organ-organ vital lain juga mendpatkan beban akibat banyaknya timbunan lemak di dalam tubuh. Akhirnya, semua kondisi tersebut saling terkait menimbulkan hipertensi dan berbagai penyakit.
5.    Pola makan tidak sehat
Pola makan tidak sehat merupakan salah satu faktor resiko timbulnya penyakit pembuluh darah dan hipertensi. Pola makan tidak sehat yang dimaksud adalah pola makan tinggi asupan garam, tinggi asupan lemak jenuh, tinggi kolesterol, dan kaya kan energi. Apabila kemampuan tubuh untuk membuang natrium terganggu, maka asupan natrium yang tinggi akan meningkatkan tekanan darah. Selain itu, konsumsi lemak jenuh dan kolesterol menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh darah. Alhasil, kebiasaan-kebiasaan itulah yang menyebabkan hipertensi.
6.    Kurangnya aktivitas fisik
Kehidupan modern telah menjebak banyak orang untuk masuk kedalam kehidupan yang tidak sehat. Waktu berjalan terasa begitu cepat dan menyulitkan kita mencari kesempatan untuk berolahraga. Masyarakat modern semangkin jarang menggerakan badan. Selain itu, semakin banyak
b. Hipertensi sekunder
1.    Penggunaan kontrasepsi homonal (estrogen)
Oral kontrasepsi yang berisi estrogen dapat menyebabkan hipertensi melalui mekanisme renin- aldosteron- mediated volume expension. Dengan perhentian oral kontrasepsi. Tekanan darah normal kembali setelah beberapa bulan.
2.    Penyakit parenkim dan vaskuler ginjal
Merupakan penyebab utama hipertensi sekunder. Hipertensi renovaskular berhubungan dengan penyempitan satu atau lebih arteri besar yang secara lansung membawa darah ke ginjal. Sekitar 90 % lesi arteri renal pada klien dengan hipertensi disebabkan oleh arterosklerosis atau fibrous displasia (pertumbuhan abnormal jaringan fibrous). Penyakit parenkim ginjal terkait dengan infeksi, inflamasi, dan perubahan struktur, serta fungsi ginjal.
3.    Gangguan endokrin
Disfungsi medula adrenal atau korteks adrenal dapat menyebabkan hipertensi sekunder. Adrenal- mediated hypertension disebabkan kelebihan primer aldosteron, kortisol, katekolamin. Pada aldosteronisme primer, kelebihan aldosteron menyebabkan hipertensi dan hipokalemia. Aldosteronisme primer biasanya timbul dari benign adenoma korteks adrenal. Pheochromocytomas pada medula adrenal yang paling umum dan meningkatkan sekresi katekolamin yang berlebihan. Pada Sindrom cushing’s mungkin disebabkan hiperplasia adrenalkortikal atau adennoma adenokortikal. 
4.    Coarctation aorta Neourogenik
Merupakan penyempitan aorta kongenital yang mungkin terjadi beberapa tingkat pada aorta torasik atau aorta abdominal. Penyempitan menghambat aliran darah melalui lengkung aorta dan mengakibatkan peningkatan tekanan darah di atas area kontriksi
5.    Neurogenik
     Tumor otak, encephalitis, dan gangguan psikiatrik
6.    Kehamilan
Hipertensi pada wanita hamil berisiko untuk ibu dan janinnya. Empat kategori hipertensi pada kehamilan telah diidentifikasi oleh National Institutes of Health Working Group On High Blood Pressure in Pregnancy: hipertensi gestasional, hipertensi kronis, preeklams-eklamsi, dan preeclampsia superimposed pada hipertensi kronis.
Hipertensi gestasional adalah jenis sekunder karena, berdasarkan definisi, peningkatan tekanan darah (≥ 140 mmHg pada sistolik, > 90 mmHg pada distolik) terjadi setelah usia kehamilan 20 minggu pada wanita non hipertensi sebelumnya, dan membaik dalam 12 minggu pascapartum. Hipertensi gestasional tampaknya terjadi akibat kombinasi dari peningkatan curah jantung dan peningkatan TPR. Jika hipertensi terjadi setelah 12 minggu pascapartum, atau telah ada sebelum kehamilan 20 minggu, masuk kedalam kategori hipertensi kronis. Preeklamsi, tekanan darah tinggi disertai dengan proteinuria (pengeluaran urine sedikitnya 0,3 protein dalam 24 jam). Preeklamsi biasanya terjadi setelah usia kehamilan 20 minggu dan dihubungkan dengan penurunan aliran daerah plasenta dan pelepasan mediator kimiawi yang dapat menyebabkan disfungsi sel endotel vaskular di seluruh tubuh. Kondisi ini merupakan gangguan yang sangat serius, seperti halnya preeclamsia superimposed pada hipertensi kronis (corwin, 2009).                          
7.    Merokok
Nikotin dalam rokok merangsang pelepasan katekolamin. Peningkatan katekolamin menyebabkan iritabilitas miokardial, peningkatan denyut jantung, dan menyebabkan vasokontriksi, yang pada akhirnya meningkatkan tekanan darah

2.4  Penyebab Hipertensi
Penyebab hipertensi belum diketahui dengan pasti. Hipertensi bisa terjadi karena volume darah yang dipompa jantung meningkat sehingga mengakibatkan bertambahnya volume darah di pembuluh arteri. Pada sebagian penderita penyakit ini, peningkatan tekanan darah diakibatkan oleh penyakit ginjal. Pada umumnya, hipertensi tidak mempunyai penyebab yang spesifik. Diperkirakan sekitar 90 % pasien hipertensi termasuk dalam kategori hipertensi primer.
1.      Obesitas
Kegemukan adalah masa tubuh (body mass) yang meningkat disebabkan karena jaringan lemak yang jumlahnya berlebihan. Akhir-akhir ini, pada penderita kegemukan diketahui kegemukan diketahui banyak terjadi resistensi insulin. Resistensi insulin adalah diproduksinya insulin secara berlebih (hiperisulinemi). Hiperinsulin ini akan meningkatkan tekanan darah dengan cara menahan pengeluaran antrium oleh ginjal dan meningkatkan kadar palsma neropineprin. Orang yang memiliki berat badan relatif (BBLR) lebih dari 120% perlu diperiksa kadar insulinnya (Dekker, 2005 dalam sunarti 2009).
Obesitas atau kegemukan juga merupakan salah satu faktor resiko timbulnya hipertensi. Obesitas merupakan ciri dari populasi penderita hipertensi. Curah jantung dan sirkulasi volume darah penderita hipertensi yang obesitas lebih tinggi dari penderita hipertensi yang tidak mengalami obesitas. Seseorang mengalami obesitas maka produksi hormon-hormon dalam tubuh kurang normal. Walaupun belum diketahui secara pasti hubungan antara hipertensi dan obesitas, namun terbukti bahwa daya pompa jantung dan sirkulasi volume darah penderita obesitas dengan hipertensi lebih tinggi dibanding penderita hipertensi dengan berat badan normal.
2.      Usia
Tingkat normal tekanan darah bervariasi sepanjang kehidupan. Tekanan darah bayi berkisar antara 65-115/42-80. Tekanan darah normal anak usia 7 tahun adalah 87-117/ 48-64. Anak-anak yang lebih besar (lebih berat atau lebih tinggi) tekanan darahnya lebih tinggi daripada anak-anak yang lebih kecil dari usia yang sama. Selama masa remaja tekanan darah tetap bervariasi sesuai dengan ukuran tubuh. Namun, kisaran normal pada anak yang berusia 19 tahun, 90% adalah 124-136/ 77-84 untuk anak laki-laki dan 124-127/ 63-74 untuk anak perempuan. Tekanan darah dewasa cenderung meningkat seiring dengan pertambahan usia. Standar normal  untuk remaja yang tinggi dan di usia baya adalah 120/ 80 mmHg. Pada lansia tekanan sitoliknya meningkat sehubungan dengan penurunan elastisitas pembuluh. Tekanan darah normal pada lansia dalah 140/ 90 mmHg (potter dan perry, 2005)
 (Armilawaty, dkk, 2007 dalam Nurliah 2010).
Semangkin bertambah usia seseorang, maka orang Hipertensi sering ditemukan pada usia lanjut, sejalan dengan bertambahnya usia, hampir setiap orang mengalami kenaikan tekanan darah, tekanan sistolik terus meningkat sampai usia 80 tahun dan tekanan diastolik terus meningkat sampai usia 55-60 tahun, kemudian berkurang secara perlahan atau bahkan menurun drastis tersebut semangkin beresiko untuk mengidap tekanan darah tinggi. Alasannya adalah semangkin tua seseorang, maka semangkin menurun pula efektifitas organ tubuh. Termasuk elastisitas dari pembuluh darah juga menurun sehingga mengakibatkan penyempitan pembuluh darah. Alhasil pembuluh darah menjadi meningkat.
3.      Stres lingkungan
Stres adalah suatu kondisi atau keadaan tubuh yang terganggu karena tekanan psikologi. Stres bukanlah suatu penyakit fisik, tetapi lebih mengenai kejiwaan. Akan tetapi karena pengaruh stres tersebut maka penyakit fisik bisa muncul akibat lemahnya sistem kekebalan tubuh (id. Wikipedia. Org/ wiki/ stres dalam sunarti 2009).
Jika anda dalam keadaan stres maka terjadi respons sel-sel saraf yang mengakibatkan kelainan pengeluaran atau pengangkutan Natrium. Hubungan antara stres dengan hipertensi diduga melalui aktivitas saraf simpatis (saraf yang bekerja ketika anda beraktivitas ) yang dapat meningkatkan tekanan darah secara bertahap (Sutanto, 2010).
Stres yang berkepanjangan dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi. Hormon adrenalin dapat meningkat sewaktu kita berfikir terlalu keras atau stres. Jika ini terjadi, maka jantung akan memompa darah lebih cepat sehingga tekanan darah akan meningkat. Biasanya tekanan darah akan menjadi naik dalam waktu satu waktu saja. Stres juga dapat menyebabkan seseorang cederung makan makanan yang lebih  banyak atau juga bisa sebaliknya, bisa tidak memiliki nafsu makan. Ansietas, takut, nyeri, dan stres emosi mengakibatkan stimulasi simpatik, yang meningkatkan frekuensi darah, curah jantung dan tahanan vaskuler perifer. Efek stimulasi simpatik meningkatkan tekanan darah (Perry dan Potter, 2005).
4.      Jenis kelamin (gender)
Kaum laki-laki di daerah perkotaan lebih banyak mengalami kemungkinan menderita hipertensi dibanding kaum perempuan. Namun bila ditinjau dari segi perbandingan antara perempuan dan laki-laki, secara umum kaum perempuan masih lebih banyak menderita hipertensi dibanding laki-laki. Hipertensi berdasarkan gender ini dapat pula dipengaruhi oleh faktor psikologis. Wanita seringkali mengadopsi perilaku tidak sehat seperti merokok dan pola makan yang tidak seimbang sehingga menyebabkan kelebihan berat badan, depresi, dan rendahnya status pekerjaan. Sedangkan pada kaum pria, hipertensi lebih berkaitan erat dengan pekerjaan seperti perasaan kurang nyaman terhadap pekerjaan dan pengangguran (Sutanto, 2010).
Secara klinis tidak ada perbedaan yang signifikan dari tekanan darah pada anak laki-laki atau perempuan. Setelah pubertas, pria cenderung memiliki bacaan tekanan darah yang lebih tinggi. setelah menopause, wanita cenderung memiliki tekanan darah yang lebih tinggi daripada pria pada usia tersebut.
5.      Merokok
Zat kimia beracun seperti nikotin dan karbon monoksida yang dihisap melalui rokok yang satu masuk kedalam aliran darah dapat merusak lapisan endotel pembuluh darah arteri, dan mengakibatkan proses asterosklerosis, dan tekanan darah tinggi. Merokok juga menyebabkan denyut jantung dan kebutuhan oksigen untuk disuplai ke otot-otot jantung. Merokok pada penderita tekanan darah tinggi semangkin meningkatkan risiko kerusakan pada pembuluh darah arteri (Depkes RI, 2008 dalam Bakri 2012 ).
6.      Gaya hidup kurang sehat
Walaupun tidak terlalu jelas hubungan dengan hipertensi, namun kebiasaan buruk dan gaya hidup yang tidak sehat juga menjadi sebab peningkatan tekanan darah. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya gangguan atau kerusakan pada pembuluh darah turut berperan terhadap munculnya penyakit hipertensi. Faktor-faktor tersebut antara lain merokok, asupan asam lemak jenuh, dan tingginya kolesterol dalam darah. Selain faktor-faktor tersebut, faktor lain yang mempengaruhi terjadinya hipertensi antara lain alkohol, gangguan mekanisme natrium yang mengatur jumlah cairan tubuh, dan faktor hormon yang mempengaruhi tekanan darah (Sutanto, 2010).
2.5  Gambaran klinis Hipertensi
2.5.1   Hipertensi primer
Tidak mempunyai tanda dan gejala yang khas
2.5.2 Hipertensi Sekunder
1.         Sakit kepala saat terjaga, kadang-kadang disertai mual dan muntah, akibat peningkatan tekanan darah intrakranium
2.         Penglihatan kabur akibat kerusakan hipertensif pada retina.
3.         Cara berjalan yang tidak mantap karena kerusakan susunan saraf pusat.
4.         Nokturia yang disebabkan peningkatan aliran darah ginjal dan filtrasi glomerulus
5.         Edema dependen dan pembengkakan akibat peningkatan tekanan kapiler
6.         Epistaksis
7.         Kesadaran menurun
8.         Palpitasi
9.         Gelisah
(Corwin, 2009).

2.6  Komplikasi
1.    Stroke dapat terjadi akibat hemoragi tekanan tinggi di otak, atau akibat embolus yang terlepas dari pembuluh selain otak yang terpajan tekanan tinggi. Stroke dapat terjadi pada hipertensi kronis apabila arteri yang memperdarahi otak mengalami hipertrofi dan penebaalan, sehingga aliran darah ke area otak yang diperdarahi berkurang. Ateri otak yang mengalami arterosklerosis dapat melemah sehingga meningkatkan kemungkinan terbentuknya aneurisma.
2.    Infark miokard dapat terjadi apabila arteri koroner yang aterosklerotik tidak dapat menyuplai cukup oksigen ke miokardum atau apabila terbentuk trombus yang menghambat aliran darah melewati pembuluh darah. Pada hipertensi kronis dan hipertrofi ventrikel, kebutuhan oksigen miokardium mungkin tidak dapat dipenuhi dan dapat terjadi iskemia jantung yang menyebabkan infark. Demikian juga, hipertrofi ventrikel dapat menyebabkan perubahan waktu hantaran listrik melintasi ventrikel sehingga terjadi disritmia, hipoksia jantung, dan peningkatan risiko pembentukan bekuan.
3.    Gagal ginjal dapat terjadi karena kerusakan progresif akibat tekanan tinggi pada kapiler glomerulus ginjal. Dengan rusaknya glomerulus, aliran darah ke unit fungsional ginjal, yaitunefron akan terganggu dan dapat berlanjut menjadi hipoksik dan kematian. Dengan rusaknya membran glomerulus, protein akan keluar melalui urine sehingga tekanan osmotik koloid plasma berkurang dan menyebabkan edema, yang sering dijumpai pada hipertensi kronis.
4.    Ensefalopati (kerusakan otak) dapat terjadi, terutama pada hipertensi maligna (hipertensi yang meningkat cepat dan berbahaya). Tekanan yang sangat tinggi pada kelainan ini menyebabkan peningkatan tekanan kapiler dan mendorong cairan ke ruang interstitial di seluruh susunan saraf pusat. Neuron-neuron disekitarnya kolaps dan terjadi koma serta kematian.
5.    Kejang dapat terjadi pada wanita preeklamsi. Bayi yang lahir mungkin memiliki berat lahir kecil masa kehamilan akibat perfusi plasenta yang tidak adekuat, kemudian dapat mengalami hipoksia dan asidosis jika ibu mengalami kejang selama atau sebelum proses persalinan (Corwin, 2009).

2.7  Pencegahan
1.    Pertahankan berat badan ideal. Atur pola makan, antara lain tidak mengkonsumsi makanan tinggi garam dan tinggi lemak, seta perbanyak konsumsi buah dan sayur.
2.    Olahraga teratur, sedapat mungkin atasi stres dan emosi
3.    Hentikan kebiasaan merokok
4.    Hindari minuman beralkohol
5.    Periksa tekanan darah secara berkala.
6.    Bila diperlukan konsumsi obat-obatan penurunan tekanan darah serta makan secara teratur. (htt://www.ilmukesehatan.com/114/cara-mencegah-penyakit-hipertensi.html di unggah tanggal 20 maret 2013.

2.8 Terapi Dan Pengobatan Hipertensi
Tujuan pengobatan hipertensi adalah menurunkan mortalitas dan mobiditas berhubungan dengan tekanan darah yang tinggi. Tujuan terapi adalah mencapai dan mempertahankan tekanan sitolik dibawah 140 mmHg dan tekanan diastolik di bawah 90 mmHg dan mengkontrol faktor resiko. Hal ini dapat di capai melalui modifikasi gaya hidup atau dengan obat antihipertensi ()
1.    Pengobatan Non Farmakologi
Pengobatan non fakmokologi banyak disarankan sebagai terapi awal pada banyak pasien, setidaknya untuk 3-6 bulan pertama setelah diagnosa awal
a.    Pengurangan berat badan
Pengurangan berat badan dalam 15 % dari berat badan ideal direkonmendasikan untuk semua pasien hipertensi yang obesitas
b.    Pengurangan asupan natrium
Pengurangan natrium sekitar 1 sampai 2,5 gram atau 4 sampai 6 gram perhari
c.    Modifikasi diet lemak
Modifikasi diet lemak dengan cara menurunkan asupan lemak jenuh, dan meningkatkan lemak tak jenuh ganda yang dapat menurunkan tekanan darah dan akan menurunkan level kolesterol.
d.   Olahraga
Olahraga aerobik (isotonic) yang teratur dapat memfsilitasi pengkondisian kardiovaskuler, dan dapat menurunkan berat badan pada pasien hipertensi yang obesitas, olahraga isometic yang berat seperti angkat berat dapat berbahaya, tekanan darah yang sering meningkat pada level yang sangat tinggi karena vasovagal refleks yang terjadi selama kontraksi isometic
e.    Pengurangan asupan alkohol
Untuk yang sering minum harus melakukan pengurangan, (misalnya kurang dari 1 sampai 2 onz enthanol per hari. Ada 1 onz (28 gram) enthanol dalam 100 whiskey murni, 8 onz wine, atau 24 onz bir.
f.     Pengurangan asupan alkohol
Beritahukan pasien untuk membatasi caffein sampai 250 mg (jumlahnya 2 sampai 3 cangkir) karena bisa meningkatkan tekanan darah dengan mengaktifkan system saraf simpatis.
g.    Tehnik relaksasi
Macam-macam tehnik relaksasi seperti yoga, psikoterapi telah memperlihatkan penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi setidaknya untuk sementara.
h.    Berhenti merokok
Nikotin meningkatkan nadi dan menyebabkan vasokontriksi perifer yang akan meningkatkan tekanan darah arteri dalam waktu yang singkat.
i.      Suplemen kalium
j.      Suplemen kalsium

k.    Sumplemen magnesium
Terapi diuresis dapat menyebabkan hipomagnesemia.
2.    Pengobatan Farmokologi
a.       Diuretik. Contoh : furosemid, spironolactone.
b.      Vasodilator. Contoh : sodium nitroprusside, nitroglycerin, hydralazine, enalaprilat.
c.       ACE inhibitor. Contoh : captopril, enalapril, lisinopril
d.      Calsium antagonist. Contoh : nifedipine, verapamil, dil tiazem, nicardipine.
e.       Alpha adrenergic inhibitor. Contoh : prazosin hydrochloride
f.       Beta bloker. Contoh : propanolol, metaprolol, atenolol, lebatolol ()



Posting Komentar

0 Komentar

by Adsterra

byAdsterra